Fungsi Auto backup Yaskawa GA700 Inverter pada Industri Food & Beverage


Perkembangan industri food and beverage kini semakin maju sehingga peningkatan produktivitas semakin diperhatikan pada industri ini. Produktivitas diawali dari sebuah keputusan yang baik dalam memecahkan masalah-masalah yang menghambat produktivitas itu sendiri. Keputusan yang baik didukung data-data valid sesuai masalah yang akan dipecahkan secara terintegrasi. Pada industri food and beverage pengaturan data yang berhubungan dengan alat-alat elektrikal tidak kalah penting dan perlu diperhatikan dengan baik.

Alat-alat elektrikal, misal pada proses pengolahan, perlu dimonitor dan dikelola dengan baik. Pengaturan data pada alat elektrikal disebut juga dengan istilah pengaturan parameter. Pengaturan parameter pada setiap alat elektrikal berbeda tergantung pada input dan output sistem. Pengaturan parameter yang sesuai akan menghasilkan sistem yang efektif dan efisien sehingga meningkatkan produktivitas yang diinginkan.

Penggunaan mixer di industri food & beverage banyak digunakan dalam proses pengolahan bahan. Putaran mixer ditentukan oleh kecepatan motor induksi yang digerakkan oleh inverter. Kecepatan motor, arus, kapasitas motor (Kw), dan tegangan motor termasuk parameter yang diatur oleh inverter, terlebih motor induksi dengan model lama yang memiliki pengaturan parameter khusus, perlu dilakukan pengaturan parameter yang tepat. Pengaturan parameter inverter yang tepat akan menghasilkan efisiensi kecepatan motor sesuai dengan kebutuhan. Kecepatan putaran yang tepat akan menentukan kualitas bahan yang diolah.

Pengaturan frekuensi pada inverter yang tidak sesuai, misal frekuensi terlalu tinggi, dapat menyebabkan motor induksi menjadi panas sehingga timbul kerusakan pada motor. Kondisi lain yang mungkin terjadi misalnya ketika parameter inverter disimpan pada inverter yang mempunyai memori volatile, jika terjadi gangguan listrik maka parameter inverter akan hilang. Teknisi lapangan harus mengatur ulang parameter inverter jika datanya hilang. Hal ini bisa menjadi penyebab turunnya produktivitas pada proses produksi dikarenakan adanya masalah waktu tambahan untuk mengatur ulang parameter inverter.

Biasanya, pengaturan parameter inverter dilakukan pada saat pertama kali inverter digunakan. Teknisi lapangan akan menyesuaikan motor induksi dengan inverter yang digunakan. Parameter inverter akan di-backup melalui catatan teknisi lapangan tersebut atau melalui USB data yang disimpan ke dalam komputer. Oleh karena itu, data parameter inverter perlu di-backup agar data yang lama dapat digunakan untuk menggerakkan alat yang baru jika terjadi kerusakan tanpa membuang waktu.

Yaskawa GA700 merupakan produk inverter terbaru dari Yaskawa yang memiliki fitur auto backup dan menjadi solusi pengaturan backup data parameter inverter anda.  Parameter yang diatur pada inverter dapat disimpan secara otomatis pada keypad berdasarkan waktu penyimpanan. Dengan sistem plug and play, keypad lama masih bisa digunakan pada inverter baru jika terjadi kerusakkan pada inverter lama. Hal ini mengakibatkan pengaturan parameter menjadi lebih mudah dengan waktu yang sangat singkat.

Beberapa fitur lain dari inverter YaskawaGA700 adalah:
·      Torsi motor yang powerfull tanpa menggunakan encorder
·      Energy Saving Inverter dengan meminimalkan konsumsi daya motor
·      Dapat digunakan pada semua tipe motor (IM, IPM, SPM, SynRM)
·      Meminimalkan nilai investasi pada pemasangan perangkat peripheral inverter  
·      Fungsi PID dan mini PLC menggunakan DriveWorksEZ Software
·      Global Standar International (UL,CSA,CE,CCS,KR,NK,ABS,dll)
·      High Security and Safety: IEC/EN61508 SIL3 and ISO13849-1 Cat.3 PLe
·      Fungsi Auto Back Up data pada Keypad dan USB


Untuk info lebih lanjut produk otomasi silahkan kunjungi website kami di www.suryasarana.com atau hubungi kami dikontak yg tertera dibawah ini:

Head Office
Perkantoran Mega Sunter B-40 Jl. Danau Sunter Selatan, Jakarta, 14350, Indonesia
p (62-21) 6583 5077 – 78  |  f (62-21) 6583 5079 – 80  |  e sales@suryasarana.com  

Our New Service: Customer Care
p (62-21) 2956 1789  |  e customercare@suryasarana.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Unlock Your Challenge In Welding & Sorting Application With Kuka Robotics And Mech Mind 3D Vision

Halo sobat otomasi & robotik Mari ikuti Onsite Seminar kami: Unlock Your Challenge In Welding & Sorting Application With Kuka Roboti...