Indonesia Menuju Industri 4.0


Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan Presiden Joko Widodo telah meluncurkan peta Making Indonesia 4.0. Strategi ini menjadi agenda nasional sebagai sebuah kesiapan dalam mengimplementasikan revolusi industri generasi keempat. Salah satu langkah strategi dalam menerapkan roadmap Making Indonesia 4.0, yakni pembangunan infrastruktur digital dan ekosistem inovasi. Hal ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Peluang kerja sama antara pemerintah dengan diaspora, misalnya dalam rangka pemenuhan kebutuhan sumber daya di bidang perindustrian nasional, adalah melalui kegiatan riset dan pemanfaatan teknologi terkini. Dunia memandang Asia akan menjadi pemimpin dalam penerapan teknologi digital. Ikonnya yang sudah muncul antara lain Jepang, China, dan Korea. Namun patut optimistis bahwa, Indonesia juga bisa mengarah ke Industri 4.0.

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini yang menghasilkan "pabrik cerdas". Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan (cloud computing), layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rangkaian kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan untuk menghasilkan produk atau jasa (rantai nilai).



PT Surya Sarana Dinamika sebagai salah satu pelaku industri otomasi tentunya sangat mendukung program permerintah tesebut. Dalam rangka mendukung program pemerintah, PT Surya Sarana Dinamika sebagai distributor produk otomasi dan robotik juga mulai menjalin kerja sama dengan beberapa produsen baru untuk memenuhi kebutuhan industri manufaktur di Indonesia dengan memasok produk yang dapat terintegerasi dan berbasis web serta open source.

Beberapa produk otomasi yang mempercayakanan pendistribusiannya di Indonesia kepada kami adalah Universal Robots dan Mobile Industrial Robots (Denmark). Kedua robot ini adalah robot kolaboratif yang dapat bekerja berdampingan dengan manusia dengan beberapa fitur yang memudahkan kita untuk memaksimalkan proses produksi. Universal Robots sendiri berjenis 6 axis robot yang memiliki 3 tipe UR3, UR5, UR10. Sedangkan Mobile Industrial Robots adalah AGV Trackless yang dapat berjalan tanpa trek, Mobile Industrial Robots juga memiliki 3 tipe yaitu MiR100, MiR200, MiR500.




Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website kami di www.suryasarana.com atau hubungi kami dikontak yg tertera dibawah ini

Head Office
Perkantoran Mega Sunter B-40 Jl. Danau Sunter Selatan, Jakarta, 14350, Indonesia
p (62-21) 6583 5077 - 78
f (62-21) 6583 5079 - 80

Our New Service
Customer Care
p (62-21) 2956 1789

Mari kita wujudkan bersama Industri 4.0 di Indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Unlock Your Challenge In Welding & Sorting Application With Kuka Robotics And Mech Mind 3D Vision

Halo sobat otomasi & robotik Mari ikuti Onsite Seminar kami: Unlock Your Challenge In Welding & Sorting Application With Kuka Roboti...