Jenis Robot Industri


Robot industri dapat menjadi solusi bagi tingkat produksi yang tinggi karena dapat dioperasikan terus menerus, secara fleksibel dapat diprogram yang dipercaya kehandalannya dibanding manusia dan memungkinkan untuk dihubungkan dengan perangkat kendali lainnya seperti PLC, komputer dan lain sebagainya.
Tingkat kerumitan kerja, beban yang harus diangkat oleh robot, dan tingkat kepresisian kerja robot ikut andil dalam menentukan bentuk dan tipe lengan robot seperti apa yang cocok untuk perusahaan anda. Berikut ini adalah bentuk Robot industri paling umum digunakan.

1.      Cartesian Robot

            Robot industri ini memiliki 3 linear join X, Y dan Z yang berada saling tegak lurus membentuk sistem koordinat Cartesian. Robot ini dapat dikatakan sebagai model gerakan paling sederhana karena hanya mengandalkan linear join. Kelemahannya adalah memerlukan ruang yang cukup besar untuk lengan-lengannya. Aplikasi paling populer adalah pada mesin Computer Numerical Control (CNC).

2.      SCARA Robot

       SCARA adalah singkatan dari Selective Compliant Assembly Robot Arm. Pertama kali dibuat oleh perusahaan USA bernama Adept pada 1984. Robot industri ini memiliki basis ruang kerja silinder. Sistem penggerak robot SCARA tersambung secara langsung pada lengan tanpa gear atau sistem belt, sehingga membuat mekanisme gerakannya bekerja cepat, simple namun tetap akurat. Robot ini banyak digunakan sebagai robot aseembly part dengan ukuran yang kecil degan kecepatan sedang.

3.   6 Axis Robot
    Dengan bentuk menyerupai huruf Z ini adalah terobosan bentuk manipulator yang revolusioner, karena keluar dari pakem sistem paralel mau pun silindris. Dengan adanya 3 rotari axis dan 3 translasional axis membuat robot industri ini sangat fleksibel dalam bergerak dengan ruang kerja yang luas namun menempati ruang yang lebih sempit. Dengan power motor yang kuat, robot ini mampu dibebani cukup tinggi sebagai alat loading atau handling. Flesibilitas gerakannya membuat robot ini cocok untuk tugas rumit seperti pengelasan. Jenis robot ini memiliki populasi paling banyak di industri manufaktur.

Itulah jenis robot industri yang paling populer di dunia industri. Adapun jenis – jenis robot lain turut mengisi dan berperan sesuai spesifikasi kebutuhan produksi.


Kami PT Surya Sarana Dinamika sebagai Distributor Produk Otomasi dan Robotik memiliki beberapa produk Industrial Robot sekaligus juga menjadi Distributor Industrial Robot Indonesia, Toshiba Machine yaitu produsen industrial robot terkemuka asal Jepang yang mempunyai 3 jenis robot yaitu Cartesian, Scara, dan 6 Axis.






Selain produk-produk Industrial Robot kami juga memiliki produk lainnya silahkan kunjungi website kami di www.suryasarana.com



Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak yg tertera dibawah ini

Head Office

Perkantoran Mega Sunter B-40
Jl. Danau Sunter Selatan, Jakarta, 14350, Indonesia

p (62-21) 6583 5077 - 78

f (62-21) 6583 5079 - 80
e sales@suryasarana.com

Our New Service

Customer Care
p (62-21) 2956 1789
e customercare@suryasarana.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Business Matching for Textile Industry

  Halo sobat otomasi & robotik Menyaksikan lahirnya transformasi digital 4.0: era di mana teknologi mempercepat inovasi, mengubah paradi...