Apa sih Stepper Motor?


Hallo kami PT Surya Sarana Dinamika sebagai Distributor Produk Otomasi dan Robotik kali ini kami akan sedikit mengulas tentang Stepper Motor.

Apa sih Stepper Motor?

Stepper motor adalah motor sinkron yang didesign untuk "berjalan dengan posisi yang mempunyai akurasi tinggi". Driver merubah motor untuk berjalan menggunakan sudut langkah putaran dan mensinkronkan dengan waktu sinyal output dari controller.





Struktur dari Stepper motor

Dalam Oriental Motor, stepper motor terdiri dari 2 jenis 2phase dan 5phase. Untuk 5phase jumlah stator dalam motor ada 10 gulungan coil. Stator memiliki 10 kutub magnet, sehingga kutub elektromagnetik yang berhadapan mempunyai polaritas yang berlawanan (kutub utara atau kutub selatan). Dalam 5phase motor stepper terdapat 4 gigi dalam setiap kutub magnet, selain itu terdapat 50 gigi disetiap rotor, sehingga total 100 gigi pada rotor motor.


Prinsip kerja Stpper motor

Arus listrik wajib melewati setiap lilitan untuk membuat stepper motor bekerja. Pertama, coba perhatikan ketika arus listrik melewati phase A.


Berikutnya arus listrik di phase A putus kemudian arus listrik melewati phase B


Stepper motor adalah motor syncron dengan control open loop maupun close loop dengan tingkat prosisi - + 5% tanpa menggunakan sensor.



Kami PT Surya Sarana Dinamika sebagai Distributor Produk Otomasi dan Robotik bekerja sama dengan Oriental Motor, perusahaan asal Jepang Jual Oriental Motor. Kami PT Surya Sarana Dinamika juga menjadi salah satu Distributor Resmi dari Oriental Motor sekaligus menjadi Agen Resmi dari Oriental Motor Indonesia.

Selain produk Oriental Motor kami juga memiliki produk lainnya silahkan kunjungi website kami di www.suryasarana.com

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak yg tertera dibawah ini

Head Office
Perkantoran Mega Sunter B-40
Jl. Danau Sunter Selatan, Jakarta, 14350, Indonesia

p (62-21) 6583 5077 - 78
f (62-21) 6583 5079 - 80
e sales@suryasarana.com

Our New Service
Customer Care
p (62-21) 2956 1789
e customercare@suryasarana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Unlock Your Challenge In Welding & Sorting Application With Kuka Robotics And Mech Mind 3D Vision

Halo sobat otomasi & robotik Mari ikuti Onsite Seminar kami: Unlock Your Challenge In Welding & Sorting Application With Kuka Roboti...